Catatan Bidan

Perjalanan, impian dan harapan yang lebih baik

BAYI BARU LAHIR


Pengertian

  1. Neonatus adalah bayi baru lahir sampai usia 4 minggu ( Pamoentjak et all 2000:272)
  2. Neonatus adalah bulan pertama kehidupan ( Saefudin, 2002:172
  3. Neonatus adalah bayi yang baru mengalami kelahiran dan harus menyesuaikan diri dari kehidupan intra uterin ke kehidupan ekstra uterin (Jumiarni, 1995:56)
  1. Ciri-ciri bayi baru lahir normal
    1. Postur tubuh

Neonatus kelihatan seperti besar pada kepala dan badannya. Tungkai pendek dan kecil, paha kecil, leher pendek dan goyah, hidung datar terlihat seperti tidak memiliki dagu. Telapak kakinya terlihat bengkak dan melebihi porsinya, lengan terlihat seperti sangat kecil dengan tubuh sangan besar (Hamilton 1995:217).

  1. Berat badan

1)      Bayi baru lahir normal memiliki berat badan 2500 – 4000 gram. Bayi baru lahir akan mengalami penurunan berat badan fisiologis sampai dengan 10 %, pada hari kedua dan ketiga. Hal ini disebabkan oleh karena pebgeluaran meconium dan penggunaan energi dan asupan kalori yang relatif rendah (bayi hanya mendapatkan asupan ASI). Pada hari kesepuluh sampai keempat belas akan tercapai kembali berat badan lahir (Jumiarni 1995:56)

2)      Panjang badan

Panjang bdan bayi baru lahir normal, diukur dari puncak kepala sampai tumit adalah 48 – 50 cm (Jumiarni 1995:56)

3)      Kulit

Pada saat lahir kulit bayi sangat halus, terlihat merah kehitaman karena tipis dan lapisan lemak subcutan belum melapisi kapiler. Kemerahan ini tetap terlihat pada kulit dengan pigmen yang banyak sekalipun dan bahkan menjadi lebih kemerahan ketika bayi menangis (Hamilton 1995:220).

a)      Vernik Caseosa

Sejenis pasta seperti keju yang melindungi kulit yang disekresi oleh kelenjar sebasea dan sel-sel epitel. Biasanya menghilang dalam 2-3 hari.

b)      Millia

Bintik keputihan pada hidung, dahi dan pipi bayi baru lahir. Bintik – bintik menyumbat kelenjar sebasea yang belum berfungsi. Setelah 2 minggu dan kelenjar keringat mulai bersekresi, millia secara bertahap akan menghilang.

c)      Lanugo

Rambut halus yang melapisi janin berawal minggu ke 6 dan berlanjut sampaiu minggu ke 32. Semakin bayi prematur, bayi tersebut makin banyak lanugonya yang terdapat selama minggu pertama kehidupan.

d)      Disquamasi

Pelepasan kulit yang terjadi selama 2- 4 minggu pertama kehidupan, bisa sedikit atau berlebihan . Yang paling umum pada bayi dengan berat lahir rendah

e)      Eritema Toksikum

Merupakan salah satu jenis alergi berwarna kemerahan pada kulit bayi baru lahir, normal akan bertahan sampai beberapa hari

f)        Bercak Monggoloid

Bercak berpigmen pada bokong / bagian bawah bayi dengan warna kulit kuning coklat dan hitm. Tidak permanen dan akan menghilang dalam tahun pertama kehidupan.

g)      Tanda lahir

h)      Ikterik

4)   Rambut dan kulit rambut

Bayi mungkin terlahir dengan rambut panjang, lebat atau botakdan sedikit berbeda dalam warna, kekakuan, kgering. Bulu mata dan alis mata biasnya sudah ada saat lahir. Kuku jari mungkin panjang ( Hamilton, 1995:217)

5)   Kreatifitas

Bayi mengeluarkan aktifitasmotorik yang tidak jelas ketika menangis. Tangis yng normal adalah kuat dan keras tidak lemah ( Hamilton, 1995:217)

6)   Kepala

a)      Lingkar Kepala

Lingkar kepala normal adalah 32 – 35 cm ( Jumiarni, dkk. 1995:56). Tulang kepala bayi tidak menyatu yang menyebabkan molase dan sering betumpuk sebagai upaya untuk memfasilitasi pergerakan kepala pada persalinan yang menyebabkan kepala bayi tidak simetris. (Pusdiknakes, 2003:17)

Caput dapat melewati garis sutura sedang cepal hematom cairn tidak dapat melewati sutura. Cairan ini akan diserap kembali dalam waktu 12 jam. (Pusdiknakes, 2003:17).

b)      Wajah

Warna merah muda dan tampak simetris.

c)      Mata

Kornea berwarna gelap dan sklera putih letak simetris, palpebra dapat dibuka dan menutup rapat ketika bayi tidur. Pupil bundar, ukuran kedua pupil sama besar, bereaksi terhadap cahaya

d)      Hidung

Hidung simetris, lubang hidung simetris terbuka, pernafasan tanpa kesulitan, cuping hidung tampak kembang kempis.

e)      Telinga

Telinga simetris, sejajar dengan muka.

f)        Mulut

Bibir merah muda, palatum durum dan molle menyatu, gusi bersih dan warna merah muda.

g)      Leher

Leher tampak pendek, tidak terdapatmassaatau edema (Hamilton, 1995:221).

7)   Dada

BBL mempunyai ukuran lingkar dada antara 32 – 34 cm, (Jumiarni dkk, 1995:156). Payudara pada bayi laki – laki maupun perempuan mungkin terlihat membesar karena banyaknya hormon estrogen pada ibu. Payudara mungkin mensekresi sustansi seperti kolostrum tetapi tanpa kelanjutan. Rangsangan hormon respon tersebut hilang segera setelah lahir.Hamilton, 1995:221).

8)   Anus

Adanya lubang terbuka, termometer dapat dimasukan, telah mengeluarkan mekoneum dalam 24 jam pertama.

9)   Ekstremitas

Lenganya membuka sempurna setelah relaksasi dan akan menutup secara reflek apabila telapak tangan disentuh, tangannya montok dan telapak kaki terlihat datar, tungkai montok pendek kecil.

Information

This entry was posted on 10 Agustus 2011 by in BAYI BARU LAHIR and tagged , , .
Photobucket
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: