Catatan Bidan

Perjalanan, impian dan harapan yang lebih baik

Apa itu AA dan DHA?


Kalau kita lihat iklan-iklan susu terutama susu formula akan kita temukan zat gizi yang disebut AA dan DHA yang konon katanya bisa mencerdaskan  otak.

AA atau Asam Arakhidonat adalah asam lemak tidak jenuh ganda omega-6, sedang DHA atau Asam Dokosaheksaenoat adalah asam lemak tidak jenuh ganda omega-3, Asam lemak tidak jenuh ganda ini berfungsi mendukung tumbuh kembang otak dan penglihatan, menurunkan kadar kolesterol darah,mencegah arteriosclerosis, stroke dan penyakit jantung koroner.

Walaupun kedua zat  itu penting bagi pembentukan sel-sel otak dan pengelihatan tapi keduanya bukanlah termasuk asam lemak esensial yang berarti harus mutlak ada dalam makanan termasuk susu karena tubuh dapat membentuk sendiri kalau ada bahan bakunya. Bahan baku pembentuk AA dan DHA adalah asam linoleat dan asam linolenat.

Asam lemak linoleat dan asam lemak linolenat merupakan asam lemak esensial yaitu asam lemak yang tidak dapat dibentuk dalam tubuh sehingga harus dikonsumsi melalui makanan. Asam lemak linoleat adalah asamlemakomega-6 pembentuk AA sementara asam lemak linolenat adalah asam lemak omega-3 pembentuk DHA. Melalui proses yang disebut elongasi atau pemanjangan rantai karbon dan desaturisasi atau penidakjenuhan/penambahan ikatan rangkap tubuh dapat mengubah asam lemak linoleat dan linolenat menjadi AAdan DHA.Jadi sepanjang asam lemak linoleat dan linolenat tersedia cukup dalam dalam makanan yang dikonsumsi sehari- hari  maka tubuh dapat membentuk AA dan DHA dalam jumlah cukup pula. Yang terpenting dalam susu bukanlah kandungan AA dan DHA tapi kandungan asam lemak linoleat dan linoleanat.

Secara alami  susu sapi segar telah telah mengandung sejumlah vitamin,mineral,laktosa, asam lemak esensial ( linoleat dan linolenat) asam amino esensial (triptophan,tirosin) sphingomyelin, laktoferin dan prebiotik GOS ( Galakto Oligosakarida) dengan komposisi yang lengkap.

Susu dapat dikonsumsi tanpabatas karena tidak menimbulkan bahaya apapun tapi sebaiknya  seseorang minum susu sehari 2-3 gelas sehari atau setera dengan 500-750 ml susu cair.Jadi ibu – ibu apa kita akan terus termakan iklan?

Information

This entry was posted on 5 Januari 2010 by in Pengetahuan Populer and tagged , , , .
Photobucket
%d blogger menyukai ini: