Catatan Bidan

Perjalanan, impian dan harapan yang lebih baik

Perubahan Bodi Mekanik pada Ibu hamil


Postur adalah posisi  tubuh ketika berdiri, duduk, atau berbaring, pada ibu hamil terjadi perubahan bodi mekanik sehubungan dengan berubahnya titik tumpu pada ibu hamil.. Hal ini terutama karena pertambahan berat badan diperoleh selama kehamilan, dengan sebagian besar berat didistribusikan di sekitar perut.

Hal ini menyebabkan pusat gravitasi ibu hamil menggeser ke depan, yang menghasilkan lebih rendah kelengkungan tulang belakangnya.

Cara Berdiri Yang Benar

  1. Kepala tegak dengan dagu masuk Jangan miring ke depan, ke belakang, atau ke samping.
  2. Pastikan daun telinga sejajar dengan tengah bahu .
  3. Jauhkan tulang belikat ke belakang dan dada depan.
  4. Jaga lutut lurus, tetapi jangan terkunci.
  5. Regangan bagian atas kepala  ke langit-langit.
  6. Kencangkan perut tarik ke dalam dan ke atas. Panggul jangan miring ke depan atau ke belakang.
  7. Pijakkan  kaki  ke arah yang sama, dengan berat badan seimbang merata di kedua kaki. Lengkungan di kaki  perlu didukung dengan sepatu bertumit rendah (tapi tidak datar)
  8. Hindari berdiri di posisi yang sama untuk waktu yang lama.
  9. Jika perlu berdiri terlalu lama, suaikan tinggi meja kerja ke tingkat yang nyaman jika mungkin. Cobalah untuk mengangkat satu kaki dengan beristirahat di bangku atau kotak. Setelah beberapa menit,ganti posisi kaki .
  10. Saat bekerja di dapur, buka lemari di bawah wastafel dan istirahatkan satu kaki di bagian dalam kabinet.  Ubah kaki setiap lima sampai 15 menit.

Cara  Duduk Yang Benar

  1. Duduk dengan punggung dan bahu lurus. pantat harus menyentuh sandaran kursi
  2. Duduklah dengan pendukung punggung/ back support (seperti : handuk kecil digulung atau roll lumbar) pada punggung Anda.

Berikut adalah cara  posisi duduk yang baik bila tidak menggunakan pendukung punggung atau lumbar roll:
-Duduklah di ujung kursi dan membungkuk sepenuhnya.
-Buatlah diri dan menonjolkan kurva punggung Anda sejauh mungkin. Tahan selama beberapa detik.
– Release posisi sedikit (sekitar 10 derajat). Ini adalah posisi duduk yang baik.

  1. Distribusikan berat badan merata pada kedua pinggul.
  2. Jauhkan pinggul dan lutut di sudut kanan (gunakan istirahat atau bangku kaki jika perlu). kaki  tidak boleh menyeberang danharus rata di lantai.
  3. Hindari duduk di posisi yang sama selama > 30 menit.
  4. Di tempat kerja, menyesuaikan ketinggian kursi  dan duduk di dekat pekerjaan. Istirahat siku dan lengan pada kursi atau meja, menjaga bahu anda rileks.
  5. Ketika duduk di kursi, jangan memutar di pinggang sambil duduk.  Sebaliknya, putar seluruh tubuh
  6. Ketika berdiri dari posisi duduk pindah ke bagian depan kursi   Berdiri dengan meluruskan kaki. Hindari membungkuk pada pinggang

Posisi duduk yang tepat dengan  pengganjal punggung (kiri) dan tanpa pengganjal punggung (kanan).

Bisa juga  mengambil posisi duduk lain untuk jangka waktu yang singkat, tetapi sebaiknya duduk harus digunakan seperti dijelaskan di atas sehingga ada tekanan minimal pada punggung ,. Jika Ibu memiliki sakit punggun,g duduk sesedikit mungkin, dan hanya untuk periode waktu singkat (10 sampai 15 menit).

Posisi Mengemudi Yang Benar

  1. Gunakan  pengganjal punggung (roll lumbar) pada lekukan  punggung, lutut sejajar  atau lebih tinggi dari pinggul
  2. Pindahkan tempat duduk dekat dengan kemudi untuk mendukung lekukan punggung ,  tempat duduk harus cukup dekat untuk memungkinkan lutut menekuk dan kaki  mencapai pedal.
  3. Selalu mengenakan sabuk pengaman di pangkuan dan di bahu  Pasang sabuk di pangkuan di bawah perut lebih  rendah dari pinggul  dan di paha atas . Jangan menempatkan sabuk di atas perut . Pasang sabuk bahu di antara payudara Sesuaikan sabuk pangkuan dan sabuk bahu  senyaman mungkin.
  4. Jika kendaraan dilengkapi dengan kantong udara, sangat penting untuk memakai sabuk bahu  dan sabuk pangkuan. Selain itu, selalu duduk setidaknya 10 inci jauhnya dari tempat di mana kantung udara disimpan. Di samping pengemudi, kantong udara berada di roda kemudi. Ketika mengemudi, wanita hamil harus menyesuaikan kemudi sehingga dimiringkan ke arah dada dan jauh dari kepala dan perut.

Cara Mengangkat Benda Yang Benar

  1. Jika  harus mengangkat benda, jangan mencoba untuk mengangkat benda-benda  yang lebih berat dari 20 kilogram.
  2. Sebelum  mengangkat benda, pastikan pijakan kaki cukup kokoh.
  3. Untuk mengambil benda  yang lebih rendah dari pinggang, jaga punggung lurus dan tekuk lutut dan pinggul. Jangan membungkuk ke depan pada pinggang dengan lutut lurus.
  4. Berdiri dengan sikap lebar dekat dengan benda yang sedang dicoba untuk diambil dan jaga pijakan kaki kuat pada tanah. Kencangkan otot perut dan  angkat benda  dengan menggunakan otot kaki gerakan lutut dengan mantap.
  5. Berdiri tegak tanpa memutar sepenuhnya. Selalu menggerakkan kaki ke depan ketika mengangkat benda.
  6. Jika  mengangkat benda dari meja, geser ke tepi meja sehingga dekat dengan tubuh  Tekuk lutut  sehingga  dekat dengan benda yang akan diangkat. Gunakan kaki  untuk mengangkat benda itu dan datang ke posisi berdiri.
  7. Hindari mengangkat barang berat di atas permukaan pinggang.
  8. Tahan benda di dekat tubuh  dengan lengan ditekuk.. Jaga otot-otot perut yang ketat. Berjalan dengan langkah kecil dan pelan-pelan.
  9. Untuk lebih rendah objek, tempat kaki Anda seperti yang Anda lakukan untuk mengangkat, mengencangkan otot perut, dan tekuk pinggul dan lutut.

Posisi mengangkat yang benar

posisi mengangkat yang salah

MENJANGKAU BENDA DI ATAS KEPALA

  1. Gunakan kursi untuk mencapai benda yang ingin diraih.
  2. Dekatkan tubuh sedekat mungkin ke benda yang dibutuhkan.
  3. Pastikan berat benda yang akan  angkat.
  4. Gunakan kedua tangan untuk mengangkat.

POSISI  TIDUR DAN BERBARING

Posisi berbaring atau posisi tidur yang terbaik mungkin bervariasi.  Apapun  posisi berbaring, bantal harus di bawah kepala, tapi tidak bahu, dan harus dengan ketebalan yang memungkinkan kepala  berada dalam posisi normal untuk menghindari punggung tegang. Bisa juga menempatkan bantal di antara kaki sebagai  ganjal.

  • Tidurlah dalam posisi  yang membantu mempertahankan kurva punggung ibu (seperti miring dengan sedikit menekuk lutut, dengan bantal di antara lutut).  Jangan tidur miring dengan lutut ditarik ke dada
  • Hindari tidur tengkurap.
  • Pilih kasur yang  rata. Jika perlu, pasang papan di bawah kasur.
  • Tempatkan kasur di lantai jika perlu.
  • Tidurlah senyaman mungkin.
  • Coba menggunakan pengganjal punggung (dukungan lumbalis) di malam hari untuk membuat lebih nyaman. atau handuk diikat di pinggang  mungkin bisa membantu.
  • Ketika berdiri dari posisi berbaring,  jangan langsung berdiri tapi  berbaring miring dulu , kedua lutut dan kaki diayunkan ke sisi tempat tidur.

Information

This entry was posted on 4 Agustus 2010 by in ASKEB II, Perubahan bodi mekanik and tagged , , , , , .
Photobucket
%d blogger menyukai ini: